Manfaat Musik Bagi Manusia

Siapa yang tidak suka musik? Tentu saja ada sebagian dari kita, tetapi untuk sebagian besar musik adalah bagian besar dari kehidupan kita. Entah itu musik yang kita dengarkan saat bekerja, ketika kita berolahraga, atau musik yang kita dengar dalam simfoni atau film, itu dapat memunculkan suasana hati kita, menceritakan kisah atau bahkan menjatuhkan kita. Musik telah menyentuh budaya di seluruh dunia sejak masa awal sejarah manusia. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana musik mempengaruhi kesehatan kita?

“Saya pikir musik itu sendiri adalah penyembuhan. Itu adalah ekspresi ledakan kemanusiaan. Itu adalah sesuatu yang kita semua tersentuh. Tidak peduli dari budaya mana kita berasal, semua orang suka musik. ”~ Billy Joel

Secara pribadi saya suka banyak jenis musik, tetapi saya tidak bisa mengatakan bahwa saya jatuh cinta dengan banyak musik. Biasanya band-band khusus di sana-sini yang membuat jalan melalui telinga saya bahwa saya cenderung untuk mencintai dan bertahan untuk waktu yang lama. Yang indah adalah, selera semua orang dalam musik berbeda jadi apa pun musik yang Anda buat, Anda kemungkinan akan menemukan seseorang yang akan menghargainya dan menggunakan layanan situs download musik. Tentu saja industri musik lebih menyukai jenis musik tertentu dan dirancang untuk tidak membiarkan band indie menjadi sangat jauh, tetapi itu adalah diskusi yang lain.

Musik mampu sejumlah manfaat kesehatan termasuk menurunkan tingkat stres, meningkatkan kesadaran, mengubah suasana hati, mengakses berbagai keadaan pikiran, mengembangkan otak dan berguna dalam meditasi - yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Faktanya adalah, tidak ada satu pun budaya manusia di bumi yang hidup tanpa musik! Misalnya, penduduk asli Afrika dan Amerika menggunakan musik dalam bentuk nyanyian untuk ritual dan upacara penyembuhan mereka. Dalam musik Yunani Kuno digunakan untuk meredakan stres, menenangkan rasa sakit dan membantu dengan pola tidur. Banyak yang mengatakan musik menyembuhkan jiwa, dan tampaknya mereka benar!

Bagaimana Musik Memberi Manfaat bagi Kesehatan Kita?

1) Meningkatkan keterampilan visual & verbal


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendidikan musik pada usia dini menstimulasi otak anak dalam sejumlah cara yang membantu meningkatkan keterampilan verbal, keterampilan komunikasi, dan keterampilan visual.

Sebuah penelitian yang mengamati usia 4 hingga 6 tahun yang tunduk pada satu bulan pelatihan musik yang mencakup pelatihan dalam irama, nada, melodi, suara, dan konsep-konsep dasar musik menghasilkan peningkatan kemampuan untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya.

Sebuah penelitian yang menggunakan subjek yang berusia 8 hingga 11 tahun menemukan bahwa mereka yang terlibat dalam kelas musik ekstra kurikuler mengembangkan IQ verbal yang lebih tinggi dan kemampuan visual mereka lebih besar daripada mereka yang tidak menerima pelatihan.

Bahkan anak-anak berumur satu tahun yang berpartisipasi dalam pelajaran musik interaktif dengan orang tua mereka memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik, lebih sering tersenyum dan menunjukkan tanda-tanda yang lebih besar dari respons otak yang canggih terhadap musik.

2) Menjaga otak penuaan yang sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki pelatihan musik dan mendengarkan atau bermain musik di usia tua dapat membantu menjaga otak tetap sehat terutama saat usia bertambah. Karena mendengarkan musik sama dengan melatih otak, seseorang dapat mengharapkan manfaat dari ingatan dan ketajaman mental yang lebih baik saat mereka menua.

Bahkan orang-orang yang memiliki beberapa bentuk kerusakan otak dapat memperoleh kembali sebagian atau akses penuh ke memori (tergantung pada tingkat keparahan) dengan mendengarkan musik, karena mendengarkan dapat membantu menggambarkan kenangan lama dan pola neurologis karena fakta bahwa ritme dan suara musik tetap dalam inti pikiran untuk waktu yang lama.

3) Musik Membuat Anda Lebih Bahagia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, musik memiliki kekuatan untuk melakukan begitu banyak hal. Itu bisa membuat Anda merasa senang, sedih, gembira atau bahkan terpompa. Mendengarkan musik yang menyerang Anda dengan cara khusus menyebabkan otak Anda melepaskan dopamin yang dikenal sebagai bahan kimia yang baik. Itu menyebabkan kita merasakan emosi seperti kebahagiaan, kegembiraan, sukacita, dll. Mendengarkan musik memberi kita ledakan kebahagiaan yang sama yang akan kita dapat dari memakan sepotong cokelat, seks, atau obat-obatan tertentu.

Studi lain menunjukkan bahwa musik dengan tempo cepat yang dimainkan dalam kunci utama membuat orang merasa bahagia, sementara musik dengan tempo lambat di kunci minor lebih mudah menyebabkan perasaan sedih.

4) Detak Jantung, Pulse Rate & Tekanan Darah

 "Kami mendengarkan musik dengan otot-otot kami." Nietzsche

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik memperkuat hati dan meningkatkan waktu pemulihan pasien yang menderita penyakit jantung.

Terlepas dari genre musik, mendengarkan musik favorit Anda melepaskan endorphin di otak yang membantu meningkatkan kesehatan vaskular. Telah terlihat bahwa baik pria maupun wanita yang mendengarkan musik segera setelah operasi jantung jauh kurang cemas dan bahkan dilaporkan mengalami lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan mereka yang beristirahat dengan tenang.

Pengamatan yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, menemukan bahwa pasien jantung yang terkurung di tempat tidur yang mendengarkan musik selama 30 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah, detak jantung yang lebih lambat, dan lebih sedikit kesedihan daripada mereka yang tidak mendengarkan musik.

5) Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa hal yang paling umum untuk mengganggu. Leep adalah stres dan kecemasan (denyut jantung.) Karena musik memiliki kemampuan untuk memengaruhi keduanya secara positif, penelitian telah menemukan bahwa mendengarkan musik pada berbagai waktu mendorong pola tidur yang lebih baik bagi orang-orang dan bahkan menciptakan tidur yang lebih nyenyak. Dalam beberapa kasus, musik mungkin bahkan dapat digunakan untuk mengobati insomnia secara efektif.

6) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh & Mengurangi Rasa Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik mampu mengurangi tingkat hormon stres kortisol, yang bertanggung jawab untuk melemahkan sistem kekebalan, meningkatkan risiko penyakit jantung, mengganggu pembelajaran dan memori, menurunkan tulang kepadatan, tekanan darah, dll. Penelitian menemukan bahwa dengan mendengarkan musik yang mengangkat hanya 50 menit, kadar antibodi dalam tubuh manusia meningkat. Meskipun jenis musik yang berbeda tidak dipelajari, yang penting orang mendengarkan musik yang mereka sukai sebagai preferensi pribadi musik memang memiliki efek pada efek fisik secara keseluruhan.

7) Mengurangi Depresi & Kecemasan

Peneliti dari Drexel University menemukan bahwa pasien kanker yang mendengarkan musik atau bekerja dengan ahli terapi musik mengalami penurunan kecemasan, memiliki tingkat tekanan darah yang lebih baik dan suasana hati yang lebih baik. Musik dapat memiliki efek positif pada jiwa, suasana hati, rasa sakit dan kualitas hidup juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Manfaat Gelombang Mekanik Untuk Berbagai Alat Kebutuhan Manusia

Lirik Lagu Yuni R - Amciong Lengkap dan Akurat